Tips Mencegah Cedera di Tempat Kerja

Image result for Tips Mencegah Cedera di Tempat Kerja

Ribuan pekerja mengalami cedera ditempat kerja setiap tahunnya, dan beberapa salah satunya mengalami cedera serius yang mengancam nyawa. Semua jenis pekerjaan, baik pekerjaan kantor dan pekerjaan konstruksi, memiliki resiko cedera. Berikut beberapa tips yang bisa Kamu kerjakan untuk melindungi keselamatan diri ditempat kerja.

Tetaplah siaga dengan tempat kerja Anda 

Banyak karyawan yg tidak mengerti kalau buruknya pembenahan ditempat kerja adalah aspek terpenting penyebabnya kecelakaan kerja. Misalnya, Kamu bisa dengan mudah tergelincir atau tersandung benda yang berantakan di lantai. Selalu pastikan tempat kerja Kamu bersih dan teratur dengan baik untuk kurangi resiko cedera dan menggunakan alat pelindung misalnya sepatu safety online. Kamu dapat merekomendasikan perusahaan untuk memakai alas non-slip di lantai atau pakai sepatu non-slip di kantor.

Bila Kamu bekerja ditempat konstruksi atau bangunan bertingkat tinggi, selalu pastikan tangga atau kerangka bangunan dalam keadaan baik atau sudah terpasang dengan benar. Keadaan tangga dan kerangka bangunan harus di check dan dipelihara dengan cara teratur.

Sebagai proteksi diri, pikirkan standard tata letak bangunan dan selekasnya laporkan di bagian tehnis bila Kamu menjumpai suatu hal yg tidak berperan dengan baik atau dapat meneror keselamatan Kamu.

Hindari cedera yang dikarenakan oleh benda jatuh 

Alat pelindung diri untuk pekerja di lingkungan berlebihan pastinya memegang fungsi penting untuk keselamatan. Berikut tips yang bisa Kamu cobalah untuk hindari insiden yg tidak dikehendaki saat bekerja :

  • Jauhi bekerja dibawah mesin derek atau crane, kerekan, atau mesin berat yang tengah beroperasi.
  • Gunakan kacamata dan masker muka untuk hindari partikel, bahan kimia atau cairan kaustik yang bercampur di hawa.
  • Pakai sarung tangan untuk menghindar luka, goresan, tusukan, luka bakar, paparan zat kimia atau suhu berlebihan.
  • Gunakan topi keras membuat perlindungan kepala dari benda yang jatuh.
  • Pakai sepatu safety ditempat kerja untuk menghadapi benda berat yang jatuh dan melukai kaki.
  • Gunakan penutup telinga membuat perlindungan manfaat pendengaran di lokasi kerja yang sangat bising.
  • Kencangkan sabuk pengaman bila Kamu harus bekerja memakai kendaraan.
  • Pastikan keselamatan selama perjalanan
  • Kamu perlu meyakinkan keadaan kendaraan perusahaan Kamu yang akan Kamu pakai untuk bekerja. Kendaraan harus di check dan diperbaiki dengan cara berkala sekurang-kurangnya satu bulan sekali. Bila Kamu mengendarai kendaraan, check manfaat lampu depan, lampu sein, desakan ban, dan jumlah bahan bakar didalam tangki dengan hati-hati untuk kurangi resiko cedera. 

Pikirkan cuaca 

Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat juga merubah kesehatan Kamu. Berikut beberapa anjuran untuk Kamu yang bekerja dibawah keadaan berlebihan. Bila keadaan cuaca dingin, jaga suhu badan Kamu dengan kenakan pakaian tebal yang menutupi semua badan. Bawa baju cadangan untuk menghadapi bila baju Kamu basah.

Dalam masalah cuaca panas, pastikan Kamu tidak terserang dehidrasi dengan konsumsi banyak air. Gunakan baju longgar dan sering-seringlah beristirahat di rest ruang yang sejuk. Tanyakan selanjutnya dengan dokter Kamu tentang anjuran ketika bekerja di lingkungan bersuhu berlebihan.

Saat ini, kecelakaan ditempat kerja dikira sangat umum terjadi. Keselamatan di lingkungan kerja bukanlah saja jadi tanggung jawab perusahaan, tetapi tanggung jawab Kamu sebagai pekerja. Bila Kamu alami cedera serius, bicaralah pada perusahaan Kamu tentang pertolongan dan tindak mencegah agar kecelakaan itu tidak terulang kembali.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment